cover
Contact Name
Agus Ainul Yaqin
Contact Email
paradigma_madani@ejurnal.uij.ac.id
Phone
+628123458998
Journal Mail Official
gusainul@gmail.com
Editorial Address
Jln. Kyai Mojo No.101 P.O. Box 170 Jember 68133 Telp./Fax.: (0331) 488675
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Paradigma Madani
ISSN : 19077106     EISSN : 27983137     DOI : https://doi.org/10.56013/jpm
Paradigma Madani adalah Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Jember. Bernomer ISSN Cetak 1907-7106, terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Nopember). Penerbit adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Jember. Paradigma Madani konsentrasi pada kajian Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi. Lingkup kajian Administrasi Publik : 1. Politik dan pemerintahan yang terkait dengan kekuasaan (ekspresi bekerja kekuasaan dan implikasinya) yang berkembang dalam masyarakat. 2. Administrasi, organisasi, birokrasi, kebijakan publik, pelayanan publik, perilaku organisasi, reformasi administrasi, dan pemerintahan secara umum. 3. Konsep-konsep politik dan pemerintahan untuk memahami kinerja kekuasaan dalam realitas empiris. 4. Sifat politik untuk memahami perilaku politik, administrasi publik , manajemen publik dan pembangunan, kebijakan publik. hukum administrasi publik, serta etika administrasi publik. Lingkup kajian Ilmu Komunikasi meliputi: 1. Public relations/Kehumasan 2. Advertising/Periklanan 3. ideografi/Fotografi 4. Broadcasting/Jurnalistik Kami mulai terbit sejak 2015, namun karena kendala teknis, jurnal tidak terbit dalam kurun waktu tiga tahun. Terhitung 2020, Jurnal Paradigma Madani akan kembali terbit dengan konsep yang lebih segar. Kami jadwal pada Juni 2021, Jurnal Paradigma Madani terbit volume 1, 2021.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2022): Nopember" : 6 Documents clear
Paradigma Profetik Dalam Pelayanan Publik Di Indonesia Ach Ilyasi
JURNAL PARADIGMA MADANI Vol. 9 No. 2 (2022): Nopember
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.329 KB) | DOI: 10.56013/jpm.v9i2.1753

Abstract

Publik selalu menuntut agar birokrat memberikan pelayanan publik yang berkualitas tinggi. Namun, harapan tersebut tidak terpenuhi karena pelayanan publik empiris yang telah berlangsung hingga saat ini masih ditandai dengan hal-hal seperti ketidakpastian yang rumit, lambat, mahal, dan melelahkan. Orang-orang terus dipandang sebagai pihak yang "melayani" tetapi tidak "melayani" dalam keadaan seperti itu. Ketika sampai pada masalah dengan layanan publik Indonesia, masalah utama saat ini adalah bagaimana meningkatkan kualitas layanan itu sendiri. Penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), yang artinya mengumpulkan data dari fakta-fakta yang terjadi di lapangan atau lokasi penelitian untuk menunjukkan konsistensi teori tersebut. Memanfaatkan metodologi penelitian kualitatif dalam prosesnya. Hasil dari penelitian ini adalah Indonesia masih memiliki beberapa permasalahan, seperti: 1) kurang tanggap, 2) kurang informatif, 3) kurang aksesibel, 4) kurang koordinasi, 5) birokrasi, 6) tidak mau mendengarkan keluhan, saran, dan aspirasi dari masyarakat. masyarakat, dan 7) tidak efektif. Sehingga masih sangat membutuhkan peningkatan kualitas layanan publik itu sendiri.
Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Arifatul Anis; Dahliah .
JURNAL PARADIGMA MADANI Vol. 9 No. 2 (2022): Nopember
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.149 KB) | DOI: 10.56013/jpm.v9i2.1757

Abstract

Abstrak Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Dimana orang tua adalah point penting dalam menciptakan kenyamanan untuk anak dalam belajarnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama. Bagaimana pola komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dalam memotivasi belajar anak? Kedua. Apa factor-faktor yang menghambat pola komunikasi interpersonal orang tua dalam memotivasi belajar anak? Ketiga. Bagaimana solusi mengatasi hambatan pola komunikasi interpersonal orang tua dalam memotivasi belajar anak? Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal orang tua dalam memotivasi belajar anak, untuk mengetahui factor-faktor yang menghambat pola komunikasi interpersonal orang tua dalam memotivasi belajar anak, untuk mengetahui hambatan pola komunikasi interpersonal orang tua dalam memotivasi belajar anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, orang tua mempunyai cara-cara untuk membangun pola komunikasi interpersonal orang tua dalam memotivasi belajar anak. Orang tua harus menciptakan nuansa yang bagus dirumah agar nantinya anak betah belajar dirumah, karena rumah adalah tempat terbaik untuk belajar. Misalnya mengajaknya untuk berbicara tentang komunikasi interpersonal, yng dimaksud dengan berbicara komunikasi interpersonal disini adalah orang tua menyampaikan sesuatu kepada anak langsung kepada intiny. Sehingga anak juga cepat menanggapi. Kemudian kedua orang tua berbicara kepada anak penuh dengan kalimat-kalimat dorongan yang dapat menambah motivasi anak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal. Sementara metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi mendalam. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Motivasi, Belajar
Mediamorfosis K-Radio Jember di Era New Media Agus Ainul Yaqin M.S
JURNAL PARADIGMA MADANI Vol. 9 No. 2 (2022): Nopember
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.481 KB) | DOI: 10.56013/jpm.v9i2.1766

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi dan dokumen. Peneliti mewancarai tiga responden yakni direktur, manajer siar dan broadcaster K-Radio Jember. Teori Talcott Parsons yang dikenal dengan teori AGIL, adaptasi, goal, integrasi dan latency menjadi pisau analisis penelitian. Hasil penelitian ini adalah K-Radio Jember tetap bertahan di tengah terpaan media sosial dengan cara beradaptasi dan memanfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan dan menumbuhkan kreatifitas yang selaras dengan perkembangan jaman. Bagi manajemen K-Radio hadirnya new media bukan ancaman, namun justru peluang untuk menjaga eksistensi media konvensional. Kata kunci : Mediamorfosis, Media Sosial, New Media, Radio Abstract This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection methods are interviews, observations and documents. Researchers interviewed three respondents, namely the director, broadcast manager and broadcaster of K-Radio Jember. Talcott Parsons' theory, known as the AGIL theory, adaptation, goal, integration and latency becomes a research analysis. The result of this study is that K-Radio Jember survives in the midst of social media exposure by adapting and utilizing social media to expand its reach and foster creativity that is in line with the times. For K-Radio management, the presence of new media is not a threat, but an opportunity to maintain the existence of conventional media. Keywords : Mediamorphosis, Social Media, New Media, Radio
Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jember Teguh Karya Pamungkas; Fahrian Arif Purnomo Aji
JURNAL PARADIGMA MADANI Vol. 9 No. 2 (2022): Nopember
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.737 KB) | DOI: 10.56013/jpm.v9i2.1767

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang diterapkan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan-pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti, diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: Pertama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Jember merupakan leading sektor program & kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa yang memiliki peran strategis dalam mewujudkan keberdayaan dan partisipasi Masyarakat dan Pemerintahan Desa menuju kemandirian masyarakat desa di Kabupaten Jember. Kedua, Kepemimpinan yang dilakukan Kepala Dinas menggunakan pola komunikasi yang baik serta pendekatan kepada bawahan. Ketiga, kinerja pegawai di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jember ada peningkatan yang signifikan serta bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugasnya sesuai peraturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 53 Tahun 2014 dengan cara membandingkan antara realisasi capaian indikator kinerja sasaran yang telah ditetapkan dalam perjanjian kinerja. Kata Kunci : Analisis, Gaya Kepemimpinan, DPMD ( Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa)
Pengaruh Pelayanan Administrasi Terhadap Tingkat Kepuasan Santri di Pondok Pesantren Yasinat Kabupaten Jember Alwi Alkaff
JURNAL PARADIGMA MADANI Vol. 9 No. 2 (2022): Nopember
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.392 KB) | DOI: 10.56013/jpm.v9i2.1787

Abstract

Abstrak Penelitian ini penting untuk dikaji karena tingkat kepuasan merupakan salah satu hal penting yang dapat menjadi salah satu faktor berkembangnya suatu pondok pesantren sehingga mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelayanan administrasi terhadap tingkat kepuasan santri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan yang bersifat sebab-akibat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 santriwati. Teknik analisis pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif menggunakan Chi Kuadrat (Chi Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi terkait uang SPP dan uang saku berada pada kategori sangat baik, ditinjau dari segi indikator yaitu perilaku mendukung, memperhatikan kesejahteraan santri, serta sikap bersahabat. Kualitas tingkat kepuasan berada pada berada pada kategori sangat baik ditinjau dari segi indikator kepuasan, ketepatan waktu, dan empaty. Diketahui db = 1 dan taraf signifikan sebesar 5% atau taraf kepercayaan 95%, sedang taraf tidak percayaan (α) yaitu 0,05 maka diketahui X2 tabel adalah 133,15. Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat diketahui bahwa X2 hitung adalah 12,66 dan X2 hitung lebih kecil atau sama dengan X2 tabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara faktual analisis Chi Kuadrat (Chi Square) menunjukkan bahwa “Tidak Ada Pengaruh Pelayanan Administrasi terhadap Tingkat Kepuasan Santri di Pondok Pesantren YASINAT Kabupaten Jember”. Kata kunci :Pelayanan administrasi, Kepuasan santri, dan Pesantren,
Instagram Sebagai Media Promosi Produk MS GLOW Panji Febrino; Djoko Supriatno
JURNAL PARADIGMA MADANI Vol. 9 No. 2 (2022): Nopember
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.848 KB) | DOI: 10.56013/jpm.v9i2.1788

Abstract

ABSTRAK Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi produk skincare MS Glow. Semakin pesatnya penggunaan media sosial di masyarakat, membuat informasi semakin cepat dan mudah tersebar di kalangan masyarakat, membuat masyarakat cenderung berkomunikasi menggunakan media sosial. salah satunya media sosial instagram, instagram memiliki banyak fitur yang berguna untuk promosi pemasaran, memiliki akun bisnis, mudah dikelola. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan media sosial instagram sebagai media promosi produk kecantikan ms glow pada akun instagram @msglowbanyuwangi.id dan pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap keputusan membeli produk ms glow, kendala apa saja yang ada dalam penggunaan Instagram sebagai media promosi pemasaran, dan solusi apa yang dapat dilakukan dalam menggunakan Instagram sebagai media promosi pemasaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah Instagram dapat digunakan sebagai media promosi produk MS Glow di Instagram @Msglowbanyuwangi.id untuk menarik pelanggan. Kata kunci: komunikasi massa, media baru, media sosial instagram

Page 1 of 1 | Total Record : 6